Kompetensi Inti
1.1. Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya
1.2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
1.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
1.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
1.1.Mengagumi keteraturan dan ciptaan Tuhan wacana aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan insan dalam lingkungan, serta mewujudkannya dalam pengamalan aliran agama yang dianutnya.
2.1.Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujurteliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3.Menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggung jawab dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memakai energi secara hemat dan kondusif serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4.Dst
#Analisa kompetensi inti
b.Ki 2= sikap sosial, menyerupai kompetensi inti poin (1.2)
c.Ki 3 = penegetahuan, menyerupai kompetensi inti poin (1.3)
d.Ki 4 = keterampilan, menyerupai kompetensi inti poin (1.4).
Semua mata pelajaran, termasuk IPA harus mendukung tercapainya kompetensi inti. Namun kompetensi Inti bukan diajarkan melalui terintegrasi melalui mata pelajaran pada bahan tertentu yang relevan.
Setiap mata pelajaran harus mendukung tercapainya kompetensi inti. Kompetensi Inti (Ki) terdiri dari 4 bagian;
#Analisa kompetensi dasar
Dst.
Simak juga : Integrasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam PembelajaranDemikianlah telaah singkat wacana relasi kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam pembelajaran kurikulum 2013.