jasa service genset | jasa perbaikan genset | overhaul genset cirebon#brebes#indramayu#karawang#subang#tegal#cikampek

Telaah Singkat Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar ~ JASA SERVICE GENSET

SERVICE GENSET AND OVERHAUL

serviceindonesia.blogspot.com adalah jasa perbaikan atau service genset, UPS, overhaul genset / engine & Mesin Kapal . Berlokasi di Bekasi dengan team yang solid dan paham akan perkembangan mesin genset, Kami akan senantiasa berkomitmen mengakomodasi setiap kebutuhan Anda. Karena itulah, client kami berasal dari beragam latar belakang, dari personal user, perusahaan dan instansi pemerintah


Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murah ini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Minggu, 29 Juli 2018

Telaah Singkat Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar

Telaah singkat kompetensi inti dalam kurikulum 2013 – Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang KI dan KD Revisi Kurikulum 2013 pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendikbud tersebut mengatur seluk-beluk Kompetensi Inti (Ki) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurikulum 2013.

Telaah singkat kompetensi inti dalam kurikulum  Telaah Singkat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Kompetensi yaitu seperangkat kemampuan yang harus dikuasai atau dimiliki oleh siswa sesudah melalui proses pembelajaran. Dalam kurikulum 2013, kompetensi terbagi 2 yaitu kompetensi inti dan kompetensi dasar.

Untuk keperluan pembahasan, berikut ini disajikan kutipan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran IPA kelas IX jenjang SMP/MTs:
Kompetensi Inti 
1.1. Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya 
1.2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
1.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata. 
1.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar 
1.1.Mengagumi keteraturan dan ciptaan Tuhan wacana aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan insan dalam lingkungan, serta mewujudkannya dalam pengamalan aliran agama yang dianutnya. 
2.1.Menunjukkan sikap ilmiah  (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujurteliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan pengamatan, percobaan,  dan berdiskusi. 
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan. 
2.3.Menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggung jawab dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memakai energi secara hemat dan kondusif serta tidak merusak lingkungan sekitarnya. 
2.4.Dst

#Analisa kompetensi inti

Kompetensi Inti, disingkat Ki yaitu tingkat kemampuan untuk mencapai standar kelulusan (SKL) setiap jenjang, tingkat kelas atau mata pelajaran. Pada hakikatnya Ki yaitu operasional dari standar kelulusan (SKL)  yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan tingkah laris serta keterampilan motorik.

a.Ki 1= sikap spiritual/keagamaan menyerupai kompetensi inti poin (1.1)

b.Ki 2= sikap sosial, menyerupai kompetensi inti poin (1.2)

c.Ki 3 = penegetahuan, menyerupai kompetensi inti poin (1.3)

d.Ki 4 = keterampilan, menyerupai kompetensi inti poin (1.4).

Ki 1 dan Ki 2 (sikap spiritual dan sikap sosial) sanggup dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect learning) yaitu melalui keteladaan, pembiasaan, dan budaya sekolah,dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Semua mata pelajaran, termasuk IPA harus mendukung tercapainya kompetensi inti. Namun kompetensi Inti bukan diajarkan melalui terintegrasi melalui mata pelajaran pada bahan tertentu yang relevan. 


Setiap mata pelajaran harus mendukung tercapainya kompetensi inti. Kompetensi Inti (Ki) terdiri dari 4 bagian;

#Analisa kompetensi dasar

Kompetensi dasar (KD) yaitu kemampuan dan bahan pelajaarn minimal pada setiap mata pelajaran di satuan pendidikan untuk mencapai kompetensi inti melalui pembelajaran. Setiap KD terdiri dari aspek kogniti,afektif dan psikomotor

Kompetensi dasar 1.1 merupakan kemampuan untuk mewujudkan Ki 1
Kompetensi dasar 1.2 merupakan kemampuan untuk mewujudkan ki 2
Dst.

Berdasarkan uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa :

1.Kompetensi inti tidak diajarkan melainkan terintegrasi secara tidak eksklusif dalam pembelajaran.

2.Kompetensi inti mengacu pada Standar kelulusan (SKL) sedangkan kompetensi dasar mengacu pada kompetensi inti.

3.Kompetensi inti sebagai dasar penyusunan kompetensi dasar

4.Kompetensi inti tidak terikat pada suatu mata pelajaran namun kompetensi dasar terikat pada mata pelajaran.

Simak juga : Integrasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran
Demikianlah telaah singkat wacana relasi kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam pembelajaran kurikulum 2013.