jasa service genset | jasa perbaikan genset | overhaul genset cirebon#brebes#indramayu#karawang#subang#tegal#cikampek

Bioteknologi Konvensional Dalam Produksi Pangan ~ JASA SERVICE GENSET

SERVICE GENSET AND OVERHAUL

serviceindonesia.blogspot.com adalah jasa perbaikan atau service genset, UPS, overhaul genset / engine & Mesin Kapal . Berlokasi di Bekasi dengan team yang solid dan paham akan perkembangan mesin genset, Kami akan senantiasa berkomitmen mengakomodasi setiap kebutuhan Anda. Karena itulah, client kami berasal dari beragam latar belakang, dari personal user, perusahaan dan instansi pemerintah


Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murah ini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Rabu, 21 November 2018

Bioteknologi Konvensional Dalam Produksi Pangan

Bioteknologi konvensional dalam produksi pangan - Salah satu konsep pembelajaran IPA di kelas IX SMP/MTs yaitu bioteknologi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan penerapannya, pembahasan materi ini lebih terfokus pada bioteknologi konvensional dalam aneka macam jenis produk makanan dan minuman. 


Bioteknologi konvensional dalam produksi pangan Bioteknologi Konvensional dalam Produksi Pangan
Ilustrasi bioteknologi konvensional produk pangan (matrapendidikan.com)

Sering guru mata pelajaran IPA memberi kiprah khusus wacana hal ini. Bisa saja guru memberi kiprah kepada siswa menciptakan laporan hasil praktikum. Siswa menciptakan laporan sesudah  siswa secara berkelompok melaksanakan praktik di laboratorium atau di rumah. 

Ada pula kiprah menciptakan laporn tanpa melaksanakan percobaan. Siswa menciptakan laporan kerja kelompok dengan membaca materi sumber. Hasil laporan ini kemudian dipresentasikan dalam diskusi kelompok di kelas.

Tugas yang paling sederhana yaitu menciptakan laporan wacana produk bioteknologi konvensional kemudian diserahkan pribadi kepada guru untuk penilaian. Namun proteksi kiprah oleh guru mata pelajaran tergantung pada huruf dan potensi siswa di suatu sekolah. 

Sekadar membantu siswa dalam menuntaskan kiprah seputar bioteknologi konvensional, pada kesempatan ini akan dibahas sekilas wacana bioteknologi konvensional dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan bioteknologi konvensional akan dikembangkan khusus pada produksi pangan.

Bioteknologi yaitu penerapan prinsip-prinsip ilmu dan teknologi untuk memproses materi melalui biro biologi untuk meningkatkan nilai tambah. Sebagai contoh, kedelai akan mempunyai nilai tambah jikalau difermentasi menjadi tempe dan kecap. 

Begitu pula keju dan yoghurt yang merupakan hasil peoses pengolahan materi susu. Sedangkan produk nata de coco berasal dari air kelapa, sosis kering terbuat dari daging sapi yang difermentasi.

Bioteknologi terdiri atas bioteknologi konvensional dan modern. Bioteknologi konvensional pada umumnya memakai mikroorganisme sebagai biro biologi untuk menghasilkan produk yang diinginkan.

Jamur dan kuman merupakan mikroorganisme terkenal yang menghasilkan enzim tertentu untuk melaksanakan proses metabolisme. 

Jamur rhizopus oligosporus yaitu pola agen biologi untuk menghasilkan enzim protease guna memberi nilai tambah pada kedelai sehingga dapat membuat tempe. Begitu pula jenis mikroorganisme acetobacter xylinum untuk menghasilkan produk pangan nata de coco.
Dalam kehidupan sehari-hari siswa sering makan atau minum produk bioteknologi konvensional seperti; tempe, tapai (tape), kecap, yoghurt, nata de coco, keju, obat antibiotik dan lain sebagainya. 
Baca juga : Proses Membuat Nata de Coco
Akan tetapi boleh jadi siswa belum mengetahui apa bahan, bagaimana cara dan proses pembuatan masing-masing produk bioteknologi konvensional tersebut.
Bioteknologi modern berafiliasi dengan manipulasi atau rekayasa materi genetik, menyerupai DNA. Semangka tanpa biji, cloning domba dan anjing, itu semua yaitu pola yang sering kita dengan wacana produk bioteknologi modern hasil rekayasa materi genetik.

Demikianlah sekilas wacana bioteknologi konvensional dalam produksi pangan Mudah-mudahan bermanfaat buat siswa SMP/MTs khususnya dan pengunjung blog ini pada umumnya sebagai materi warta ringan untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan.