Sering guru mata pelajaran IPA memberi kiprah khusus wacana hal ini. Bisa saja guru memberi kiprah kepada siswa menciptakan laporan hasil praktikum. Siswa menciptakan laporan sesudah siswa secara berkelompok melaksanakan praktik di laboratorium atau di rumah.
Ada pula kiprah menciptakan laporn tanpa melaksanakan percobaan. Siswa menciptakan laporan kerja kelompok dengan membaca materi sumber. Hasil laporan ini kemudian dipresentasikan dalam diskusi kelompok di kelas.
Tugas yang paling sederhana yaitu menciptakan laporan wacana produk bioteknologi konvensional kemudian diserahkan pribadi kepada guru untuk penilaian. Namun proteksi kiprah oleh guru mata pelajaran tergantung pada huruf dan potensi siswa di suatu sekolah.
Bioteknologi yaitu penerapan prinsip-prinsip ilmu dan teknologi untuk memproses materi melalui biro biologi untuk meningkatkan nilai tambah. Sebagai contoh, kedelai akan mempunyai nilai tambah jikalau difermentasi menjadi tempe dan kecap.
Baca juga : Proses Membuat Nata de CocoAkan tetapi boleh jadi siswa belum mengetahui apa bahan, bagaimana cara dan proses pembuatan masing-masing produk bioteknologi konvensional tersebut.
Simak : Proses Pembuatan Yoghurt